Share wit me !

Arti sebuah DP-Uang Muka / Aug 7, '12 6:59 AM


posted by nitahakeem

No comments


Ada yg tau kepanjangannya DP tuh apaan? Itu loh uang muka yg diletakkan di depan.
Hehee
Ayo kita ngomongin ttg cewek.
Ini pembicaraan serius nih *halah*

Jadi intinya *belom apa2 uda inti* DP yg saya maksud adalah uang muka yah. Uang tanda jadi. Tau kan kalo qta beli barang, trus kita lom bisa bayar lunas, ya kita pakai DP. DP itu artinya ya tanda jadi beli itu barang. Kalo tau2 di tengah2 km berubah pkiran ya tuh DP ga akan dikembalikan. Karena bagi si penjual, dia uda susah2 keep barang buat kamu trus ndadak km gajadi, enak aja dibalikin? Ya gak? Tapi ada jg yg DP dibalikin cuma 30 persen sbg formalitas aja. Tergantung besar kecilnya DP. DP biasanya dilakukan di barang. Baik itu aset bergerak maupun taak bergerak. Misal,permata,rumah,mobil, emas.
Bhkan asuransi.
Okeee konsep DP uda mateng ya?

Lalu skrg qta omongin anak perempuan. Insan wanita kalo kata ortu tuh adalah aset. Harta yg berharga. Rambut aja jadi mahkota wanita. Mahkota adlh barang mahal yg tak ternilai harganya. Klo boleh sedikit ekstrim kita omongin virginitas itu udah berharga. Harga diri seorang wanita. Nah jd wanita itu bs kita ibaratkan permata. Sesuatu yg pnya aset bergerak. Investasi masa depan. Wanita ini pnya kemampuan hasilkan keturunan. Pendamping saat si cowo lelah. Dan byk lagi kemampuan yg bs dihasilkan "si aset bergerak ini"

Okeee mudeng kedua teori ini?

Nah skrg kita combine keduanya dalam relationship.
Alkisah suatu hari aku masih SMA. Aku heran liat mbak2 yg uda kuliah-kerja itu dibayarin spp nya ama pacarnya yg uda kerja. Trus ni cewe pinter emang. Worth it lah disekolahin ama pcrnya. Pdhl bru pacar. Aku waktu itu mikirr aneh aja, dibayarin gtu apa ga gengsi?
Banyak yg pcrnya berikan lho... Njemput2 tiap hari pula. Kdg malah itu cewe dibawain mobil.

Awalnya aku bingung. Ak berpkir yg enggak2.
Lambat laun aku mulai paham... Oh itu namanya bayar DP. Uang muka.

Jd ketika kmu pacaran lamaa, atau berada pd relationshp yg belum pasti menuju gerbang pernikahan, kamu itu harus bayar DP, supaya ada kepastian kecil bahwa kamu akan jadi menikah dg org itu.

Kepastian itu kecil atau besar minimal bermanfaat.

Skrg gni aja, kalo kamu udah kadung bayarin cewek, ngasih biaaya operasional lah, km mikir2 kan kalo ga jadi nikah?
Sama kayak km DP beli mbl udah 30 persen harga, km rugi kan kalo berubah pkiran? Masih agak2 mikiiir panjang meskipun kmu pengen cri mobil lain.

Sama, ini juga kinerja dri DP itu sendiri.

DP sejauh ini emang cuma bs diukur dg uang, karena segala sesuatu ya dibeli pake uang toh. Sebenernya ada lagi DP yg lain, ya antar jemput cewe kamu sbg bentuk perlindungan dan menyamankan dia. Tp lagi2 antar jemput kan btuh uang buat bensin? Ya kan?
Nah emg parameter utama ya uang..

Nah berita baiknya, si mbak ama mas yg ud 7 taun pcrn ni akhirnya nikah. Si mbak ud lama lulus kul and kerja di PT. Smartfren di front.

Ya okeelaah emang dalam hidup ada hal2 yg kita ga bs pungkiri bahwa ujung2nya cowo itu menghidupi cewek. Nah ini jg hrus dilatih sejak pcrn. Kalo mampu loh ya. Klo emg si cowo uda ada kerjaan, atau ad penghasilan lah.
Ya tapi bayar DP itu ya bukan taun pertama rek. Km sbg cowok baru bayar DP kalo km uda pcrn maybe 2taun ama si cewe dan yakin ingin menikah dg dia, tp lom ckup modal.
Bayarin dia hal2 operasional atau hadiah2 yg diinginkan akan membantu si cewek utk tetap bertahan ama kmu.

Intinya DP itu membuat si cowok lebi tanggung jawab dan mikiirr2 kalo mau ninggalin si cewek dia rugi duit.
Kalo si cewek,dia jg mkir2 ninggalin cowonya krn udah dikasih ini itu.

Gimana kalo ga jodoh emang?
Ya gini deh, jodoh itu diusahakan ma menn, jd kita gabisa blg no sama hal yg kita aja lom usaha. Klo km blg jodoh itu takdir, ya ga maju2 kamu. Jadinya org menunggu2 mulu jodohnya.
Lgpl, klo km uda pnya pacar dan yakin ama dia, kenapa ga diusahakan dia jd jodoh kamu?
Jodoh itu kita minta ke Allah.
Kata sapa jodoh itu gabisa by request.
Kmu ketemu sama pcr kamu itu bagian dari takdir,km cocok ama dia itu takdir, kamu jodoh ama dia apa gak itu usahamu... Usahamu meminta doa Allah.

Intermezzo, misal plg apes kamu gajadi nikah ama tu cewek, ada beberapa barang yg bs dibalikin kok.
Misal km pernah bayar DP ke dia dg laptop,cincin,dkk. Si cewek (kalo harga diri tinggi) bakal balikin kok. Asal km ga sakitin hatinya. Ya jangan minta terang2an lah... Minta aja baik2. Asal dalam histori kmu ga pernah grepe2 ya ama dia. Misal km uda pernah "intim" ama dia, trus pas putus kmu minta barangmu, ya itu ga pantes. Klo qta ngomong take and give, harga laptop itu ga bs disamakan dg virginitas wanita yg udah kamu ambil seebelumnya.

Tapiiiii
Sebenernya aku kurang setuju ya kalo kita menyebut ini sbg DP atau uang muka.
Yah,emang meskipun konsep nya kayak DP.
Tapi alangkah baiknya kalo qta sebut ini "kontribusi"

Ya,intinya seorang lelaki harus berkontribusi ke wanita yg dicintainya apabila ia mau "keep" ini perempuan utk hidup bersamanya.
Ada banyak cara untuk kontribusi.
Bisa ke keluarga si cewek selaku owner. Misal ngasih2 ke ortu cewek. Gak tau ngasih apa.. Heheee *blom nemu kasus*
Bisa ke saudaranya si cewe *kasih toblerone maybe. Wkwkw*
Atau yg plg gampang ya ke si cewe lgs. Bs lewat jasa, antar jemput kek,atau lewat biaya operasional kayak spp, atau barang2 macam laptop,cincin,etc. Atau yg plg sering ada di dunia aku skrg?? CEWENYA DIKASIH BISNIS.
Hahahahahahaa
Bakal ga mungkin ni cewe lirik sana sini kalo uda ditahan ama bisnis.
Ujung2nya bakal cepet pengen nikah biar ada yg bantu bisnis.

Oh ya kontribusi ini jg baiknya ada sbg inisiatif si cowo. Mestinya si cewenya jgn minta2 ya. Maluu kali. Kayak apaan aja. Tp cowonya jg harus paham. Kalo kmu ga sering2 kontribusi ke si cewek, cewek itu scr ga langsung akan buka hati ke cowo lain. Krn cewe ini aset. Ibarat barang berharga ia bebas menentukan akan dibeli oleh siapa.
Ia boleh memilih2...
Jd bs dikatakan kalo km ga berkontribusi, pacaran kamu makin gak aman.

Skali lg kontribusi itu banyak macemnya. Yg pasti kontribusi itu harus bermanfaat buat si cewek. Jangan pas dia butuh bayar spp eh km malah belikan buku komik.
Kontribusi itu harus tepat sasaraan!

Okaay, be wise :)

Leave a Reply